Monday 17 June 2013

Alasan Keluar dari Pekerjaan

Entah sudah berapa juta rakyat Indonesia masih hidup sebagai pengangguran , sulit mencari pekerjaan yang sesuai dengan dirinya . Namun tak kalah banyak juga orang dengan berbagai alasan untuk berhenti bekerja .
Sektor informal juga banyak para pekerja yang berhenti bukan hanya di kantoran saja , misal sebagai pelayan di rumah makan , pekerja rumah tangga ataupun lainnya .

Alasan untuk berhenti bekerja pasti sangat beragam , beberapanya adalah :

1. Belum dewasa .
Belum dewasa dalam arti sebenarnya maupun sifatnya . Banyak orang yang masih belasan tahun tidak tamat SMA bahkan SMP merantau ke kota untuk mencari kerja ikut bersamakeluarga di sana namun bagaimana si dia belum mampu untuk mandiri jauh dari ketek emaknya dan merasa pekerjaanya sangat sulit . Jadi baru beberapa hari bekerja saja sudah mau berhenti . Ada juga orang yang sudah matang menurut usia tapi berhenti bekerja karena urusan sepele .

2. Lingkungan suasana kerja .
Suasana tempat kerja , dengan sesama pekerja maupun dengan si bos yang tidak mendukung acap kali menbuat pribadi untuk berencana berhenti bekerja . Padahal sudah lama bekerja pun kadang ada juga masalah yang begini , biasanya mulai dari gosipyang tak jelas pangkalnya yang menindas diri kita . Bos yang tidak perhatian pada karyawannya ataupun pilih -pilih karyawan untuk diperhatikan . Ganti suasana wajib apa mau terus bekerja namun makan hati ? Kan tidak semua orang suka jeroan .

3. Keluarga .
Mau tak mau keluarga pasti mau ikut campur dalam pekerjaan kitawalaupun kitanya sudah punya keluarga sendiri dengan berbagai alasan yang menurut mereka masuk akal dan kitanya malah mengiyakan saja . Tidak semua pribadi itu kuat untuk berdiri sendiri perlu sokongan keluarga jadi ketika salah satu anggota keluarga tidak setuju dengan pekerjaan kita apalagi dia itu nyonya di keluarga tersebut apa mau dikata keluar dari pekerjaan yang terbaik . Ada juga yang karena mau dikawinkan , masa diajak kawin nolak ? Mending kawinlah .Ada juga yang berhenti agar lebih dekat dengan anak -anaknya terutama kaum ibu .

4. Gaji
Siapa sih yang tak butuh yang namanya uang , bekerja inikan juga untuk mencari uang . Dan ketika uang yang didapat tidak berkemungkinan bertambah dan ditambah oleh bos , bagaimana lagi ? Kebutuhuan hidup terus bertambah masa gaji tetep saja , keluar dari pekerjaan mungkin yang terbaik .

5. Ingin jadi bos
Sudah mendapat banyak ilmu dimana pribadi bekerja masa mau jadi bawahan terus bukannya hidup itu seperti roda ada yang di bawah ada yang diatas . Saatnya untuk menjadi pihak yang diatas dimulai dari sekarang dengan berhenti dari pekerjaannya yang memposisikan pribadi kita di bawah terus .

6. Iseng
Niatnya sih cuma mau ngertak si bos biar naik gaji kalau tidak dia akan keluar . E e la dalah si bos malah legowo dianya keluar dibanding naikin gajinya . Makanya jangan suka iseng mending mandi pagi ngademin otak yang sudah usang .

7. Rahasia .
Hidup itu penuh rahasia termasuk kenapa ada orang berhenti dari pekerjaanya . Kalau ingin jelas tanya saja sama orangnya atau itu adalah malah Anda ?

http://m.kompasiana.com/post/sosbud/2012/09/05/alasan-keluar-dari-pekerjaan/

No comments:

Post a Comment