Thursday 10 April 2014

Cara mengunakan terasi yang benar

Terasi merupakan bumbupenting untuk membuat sambal jadisedap. Agar aromanya wangi danrasanya enak, bagaimana cara terbaikmematangkan terasi ini?

Terasi merupakan produk fermentasidari udang dan ikan kecil dan garamyang dipadatkan dan dikeringkan.Biasanya dibuat bentuk kubus, segiempat panjang atau lempenganbundar.Warnanya ada yang ungukemerahan hingga kecokelatan denganaroma seafood yang tajam dna kuat.Sebelum dipakai atau dicampurdengan bumbu lain, terasi harusdimatangkan dulu. Bisa dikukus,dipanggang, dibakar atau ditumis.Umumnya teksturnya jadi lunak danaromanya jadi lebih kuat.

Semua caramematangkan bisa dipakai. Hanya sajacara dibakar di atas bara api palingbaik.Karena aroma terasi menjadi lebihwangi. Sebaiknya janganmematangkan terasi dalam jumlahbanyak sekaligus karena jika terlalulama disimpan aromanya aknberkurang.Potong terasi secukupnya danmatangkan saat akan dipakai. Jika adabersisa, simpan dalam wadah bertutuprapat agar aroma tajamnya tidakmenyebar. Karena umumnya terasisudah memakai banyak garam, janganmenambahkan garam lagi

.sumber: detikfood

No comments:

Post a Comment