Monday 10 November 2014

6 Fakta tentang Gatal

6 Fakta Tentang Gatal

Alkisah suatu hari yang naas tangan ane kena siraman air panas,  very very hot bahasa inggrisnya tangan walau kagak banyak sih . Jempol ane melepuh sekitar 1 ,2 cm aja diameter nya tapi sakit banget lo .

Pertama jempol ane itu timbul rasa panas yang sangat kemudian mulai melepuh,  ada airnya gitu dengan rasa panas yang berangsur berkurang . Tampak aneh banget ada jendolan imut di jempol,  dan beberapa hari kemudian itu jendolan mulai kempes karena namanya juga tangan khususnya jempol sering bergerak gitu,  ya akhirnya kesenggol sesuatu .

Keadaan jempol ane mulai membaik,  mulai mengering dan kulit matinya mengelupas,  tapi ada masalah yang mulai timbul  . . .
Bekas luka di jempol ane mulai terasa gatal . Kenapa penyebabnya  ?

Akhirnya ane googling,  biar tahu penyebabnya . .  . DAN PENYEBABNYA ADALAH  karena gejala mau sembuh,  katanya  ???

Artikelnya seperti ini,  dari FEMINA

Menurut dr.Tridia Sudirga SpKK dari Erha Clinic ini dia fakta dari gatal yang harus kita ketahui:

1. Gatal sebenarnya hanya salah satu gejala, yang paling sering terasa di kulit, sebagai respons tubuh terhadap sesuatu yang terjadi di luar atau di dalam tubuh. Misalnya, udara dingin. Sama seperti rasa nyeri, yang bisa dipicu oleh hal dari dalam dan luar tubuh. Misalnya, nyeri karena syaraf terjepit atau nyeri karena terkena pisau.

2. Saat badan terasa gatal, rasanya nyaman sekali kalau kita mandi air hangat, bahkan air panas. Seolah-olah, rasa gatal itu dibunuh oleh kehangatan air. Padahal, rasa nyaman itu ternyata semu. Makin sering kena air hangat, kulit akan makin kering, sehingga makin terasa gatal.

3. Kalau Anda ingat, luka yang akan sembuh juga bikin gatal. Jangan sekali-kali menggaruknya, karena nanti malah tak kunjung sembuh. Rasa gatal Itu muncul, karena proses pertumbuhan jaringan kulit baru juga menghasilkan histamin, sang biang keladi penyebab gatal.

4. Super bersih? Ternyata, salah juga. Orang yang terlalu bersih jadi sering mencuci tangan dan sering mandi. Akibatnya, kulitnya jadi kering. Ujung-ujungnya, mereka justru mudah terkena eksim.

5. Hal yang paling kerap  kita dengar bisa menyebabkan alergi adalah makanan laut, debu, atau kosmetik. Tapi, bahkan untuk hal yang sepertinya 'aman', juga bisa menjadi alergen (penyebab alergi). Antara lain, kacang-kacangan, buah-buahan, bahkan... sperma!

6. Banyak penelitian menghubungkan kekambuhan ketombe dengan stres, kondisi tubuh yang kurang istirahat, serta daya tahan tubuh yang menurun. Tapi, hubungan pastinya belum jelas. Meskipun, ketombe sering kali sembuh sendiri, saat beban pikiran mereda dan daya tahan tubuh membaik. (f)

No comments:

Post a Comment