Sunday 5 May 2013

Memasak

Memasak adalah kegiatan menyiapkan makanan untuk dimakan dengan cara memanaskan pada bahan makanan agar bahan makanan tersebut bisa dikonsumsi. Memasak terdiri dari berbagai macam metode , teknik , peralatan , dan kombinasi bumbu dapur untuk mengatur rasa memudahkan makanan untuk dicerna dan merubah makanan dari segi warna, rupa, rasa, tekstur, penampilan dan nilai nutrisi .
Memasak secara umum adalah persiapan dan proses memilih, mengatur kuantitas , dan mencampur bahan makanan dengan urutan tertentu dengan tujuan untuk medapatkan hasil yang diinginkan. Memanaskan bahan makanan umumnya, walaupun tidak selalu, merubahanbahan makanan tersebut secara kimiawi , mengakibatkan adanya perubahan rasa, tekstur, penampilan, dan nilai nutrisi .(wikipedia)

Bicara tentang memasak aku suka memasak walau tak seenak seperti makanan di resto yang dimasak oleh seorang chef dari hotel A .

Memulai 'ritual' memasak mungkin sejak kecil , dari masak mie instan , makanan favorit orang Indonesia .
Saat SMP ada pelajaran PKK , pelajaran wajib , Pelajaran tentang ketrampilan baik dikerajinan tangan maupun kuliner . Ingat waktu SMP dulu asyik banget masak -masak bareng teman sekelas bahkan tiap tahun diadakan lomba , alhasil kecintaan ku dalam dunia ini bisa bertumbuh .

Ini ada beberapa pelajaran umum tentang memasak yang dikutip dari wikipedia juga .Untuk mengetahui pengertian memasak secara utuh, metode atau teknik yang digunakan dalam memasak.

1. Digoreng, yaitu mengolah makanan dengan cara memasukan bahan masakan kedalam minyak panas.
2. Direbus, yaitu mengolah bahan makanan dengan merendam bahan atau masakan kedalam air yang panas dan banyak.
3. Dikukus, yaitu memasak denganmenggunakan uap air dan menggunakan alat seperti kukusan, dandang, panci, dan lain-lain.
4. Ditumis, yaitu memasak dengan menggunakan sedikit minyak olahan dan ditambah sedikit cairan sehingga sedikit berkuah/ basah.
5. Dibakar, yaitu memasak secara langsung diatas bara api, biasanya teknik ini disebut memanggang.
6. Dioven, yaitu memasak makanandengan memasukkan ke dalam alat pembakaran seperti oven dan Oven mikrogelombang dan alat lainya.
Teknik diatas hanya sebagian, pada umumnya cara memasak banyak caranya seperti teknik mengasap, mengintim, disangan, disangrai, dan lain-lain. Perbedaan-perbedaan yang ada di seluruh dunia mengenai cara memasak mencerminkan faktor-faktor sosial , ekonomi , agama , agrikultur , budaya , dan estetika yang mempengaruhinya. (wikipedia)

Waktu di sekolah menengah aku juga kadang -kadang memasak , waktu itu aku tinggal di panti asuhan jadi ada piket masaknya . Walau hanya masak nasi atau air saja , hehehe .

Sekarang sudah sekitar empat tahun aku bekerja di rumah makan di daerah Bekasi , bekerja jadi tukang cuci piring 'nyambi' jadi tukang masaknya . Di sini pakai istilah tukang masak setara dengan tukang -tukang yang lain sebuah pekerjaan yang hanya membutuhkan keahlian tanpa perlu ada gelar dari dunia pendidikan . Tukang masak terdengar lebih merakyat berbeda dengan istilah koki maupun chef yang bermakna 'wah' menurutku . Bagaimana tidak ? untuk mendapatkan gelar itu 'profesional' /bukan amatiran pasti membutuhkan biaya istilahnya duit buat biaya sekolah .

aku suka memasak walau tak pandai memasak , bisaku ya hanya itu -itu saja tak lebih . Sekarang ! pakai tanda seru , besok atau entah kapan enak ya rasanya bisa memasak makanan apa saja .

Menurutku sih kunci memasak adalah berani mencoba , apapun itu dan satu lagi wajib untuk mencicipi masakan sendiri sebelum diberikan kepada orang lain tak seperti di sinetron orang lain yang mencicipi setelah dibilang tak enak malah ngomel . Memasak , kita cicipi dahulu kalau enak semoga dan berdoa saja bagi orang lain juga enak .

No comments:

Post a Comment