Wednesday 3 April 2013

Ketika pembeli adalah raja

Salah satu arti dari raja adalah orang yang berkepentingan/memegang jabatan paling tinggi dalam sebuah kelompok atau kategori. Siapa sih yang tak mau hidup bakraja segala kebutuhan hidup akan selalu siap tersedia , semua orang memandang dengan penuh rasa hormat . Dapat dibilang semua sudah digenggaman tangan tinggal bilang ‘anu’ pasti ‘anu’ .

Dalam hidup bermasyarakat pastiakan ada yang namanya jual beli baik yang dimulai zaman bahula dengan cara barter maupun sampai zaman moderen ini dengan mengunakan uang . Bahkan saat membeli pun bisa tanpa bertatap muka langsung dengan penjual via online , begitumudah rasanya .

Pembeli adalah raja sebuah kalimat yang acap kali kita dengar . Bahkan merasa yakin si pembeli berhak mendapatkan sesuatu yang akan dia beli serta mendapatkan pelayanan yang terbaik dari penjual tak ayal karena pembelilah yang punya uang . Benar pembeli adalah raja dan kami para penjual adalah pelayan -pelayan beliau .

Ngomong -ngomong soal raja , beliaukan seharusnya punya pribadi yang baik karena dia ‘raja’ , mana ada raja kok berperilaku buruk itu bukan raja tapi sampah . Raja itu terhormat maka kita para pelayan menghormatinya , raja bisa terhormat karena bisa mampu menghormati orang lain juga termasuk pelayan -pelayannya .

Kembali lagi ke pembeli adalah raja jadi pembeli itu harus mempunyai sikap yang baik jangan membeli seenak udele dewe semua ingin murah , semua barang ditawar kalau bisagratis . Masa mau dibilang pembeli adalah raja tapi perilakunya tak bersifat seorang raja .

Pembeli itu harus menghormati penjual jangan bangga dengan uang segepok yang dia bawa terus memperlakukan pelayannyadengan sangat tidak hormat .

Di sebuah rumah makan ada paratamu seenaknya makan di sana tanpa memperhatikan perilakunya , membuang makanan di kolong meja , puntung rokok dibuang sembarangan sedangkan sudah nyata ada asbak . Dan banyak hal lain yang dilakukan dan si tamu merasa nyaman paling banter nanti bilang “maaf ya jadi berantakan ” . Hello bagaimana kami bisa melihat Anda sebagai pembeli adalah raja sedangkan sikap Anda ???

Pembeli adalah raja dan tugas raja bukan untuk dihormati saja namun juga menghormati pelayannya .

4 november 2012

No comments:

Post a Comment